Pemberian Tangan Palsu Gratis Kepada Nanda Mei Sholihah

Rilispedia.com – Dalam rangka acara Disrupto 2019, Ottobock Healthcare Indonesia bekerjasama dengan WIR untuk mendukung para atlet disabilitas.

Menurut data dari Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc), total ada 886 atlet yang menjalani klasifikasi untuk Asian Para Games 2018 dan atlet dikelompokkan menjadi tiga, yaitu Physical Impairment (PI) untuk disabilitas daksa, Visual Impairment (VI) bagi disabilitas netra, dan Intellectual Impairment (II) untuk disabilitas intelektual.

Khusus untuk atlet yang bertanding dalam kategori Physical Impairment (PI), Ottobock sebelumnya sudah pernah mendukung Muhammad Fadli dengan membuatkan kaki palsu yang dipakainya untuk meraih medali emas pada Asian Para Games 2018 cabang balap sepeda.

Kali ini, kami ingin mendukung atlet lainnya yaitu Nanda Mei Sholihah yang berada di cabang balap lari. Walaupun tidak terlahir sempurna, gadis 20 tahun ini tidak pernah menyerah sampai akhirnya berhasil meraih medali emas pada ASEAN Para Games 2015 dan 2017.

Melihat semangat juang Nanda yang tinggi, kami akhirnya memutuskan untuk memberikannya tangan palsu yang dimodifikasi khusus untuk berlari. Selama ini Nanda mengalami kesulitan untuk memulai lari dikarenakan tidak adanya penopang pada tangan kanannya.

Tangan palsu ini sudah dicetak dan dibuat khusus untuk menyesuaikan kebutuhan dalam memulai dan saat berlari. Materialnya menggunakan bahan karbon dan dibuat dengan standar Ottobock yang sudah teruji kualitasnya. Dikarenakan tidak memungkinkannya untuk berlari dengan membawa beban yang berat, tangan ini sudah menggunakan material carbon yang ringan dan hanya memiliki berat 241 gram.

Ada alasan kenapa memilih desain tangan palsu yang seperti itu. Hal itu dikarenakan untuk meningkatkan aerodinamis saat berlari yang akan berefek kepada kecepatan berlari, meningkatkan stabilitas saat berlari dikarenakan sebelumnya Nanda seperti hanya berlari dengan 1 tangan dan meningkatkan posisi memulai berlari yang jauh lebih baik dikarenakan panjang tangan kanan dan tangan kiri yang sudah sama.

Ottobock di dukung oleh WIR Group selaku penyelanggara Disrupto 2019 untuk memberikan tangan palsu kepada Nanda Mei. Ahmad Risaldi selaku Business Development Manager dari Ottobock Healthcare Indonesia mengatakan “Dengan adanya tangan palsu ini, kami mengharapkan dapat membantu Nanda untuk lebih berprestasi untuk membawa nama Indonesia. Kami juga ingin melihat bendera Merah Putih semakin berkibar di kancah internasional melalui para atlet kita.”

BY Riza Mulyawan
November 26, 2019
https://rilispedia.com/ottobock-healthcare-indonesia-membantu-atlet-disabilitas-dengan-memberikan-tangan-palsu/