Studi Observasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Dalam hitungan jam atau bahkan menit kita tahu banyak sekali insiden yang terjadi yang bisa merenggut nyawa kita dengan cepat. Bahkan minimal ada potensi insiden tersebut bisa merenggut salah satu dari bagian tubuh kita yang sangat berguna bagi kita. Secara langsung kita memang patut bersyukur dengan kondisi tubuh yang lengkap dan bisa melakukan aktivitas. Dengan tubuh yang masih utuh dan juga masih berfungsi dengan baik, kita layaknya bisa untuk membantu sesama segenap kekuatan kita.

Kedatangan Tim Kedokteran Universitas Indonesia
Dengan banyaknya hal positif yang bisa berarti bagi kemanusiaan, tim dokter UI menjadi terpanggil. Mereka ingin ikut berpartisipasi dalam upaya membantu sesama. Tim yang terdiri sebanyak kurang lebih 20 orang datang ke Ottobock untuk melakukan studi observasi dan juga bertukar pengetahuan terkait kaki palsu dan tangan palsu.

Ottobock sebagai tempat terpercaya dalam pembuat kaki palsu dan tangan palsu merasa senang dan menyambut hal tersebut dengan tangan terbuka. Ada beberapa hal seperti antara teori kedokteran yang selama ini mereka pelajari dan juga aplikasi lapangan yang sangat sering dilakukan oleh tim professional Ottobock. Kolaborasi sinergis ini membuat kuatnya ikatan antara Ottobock dengan para dokter.

Apa yang dipelajari
Dengan adanya acara ini, banyak sekali hal yang didiskusikan. Secara umum acara ini mengupas tentang :

1. Pengukuran kaki palsu dan tangan palsu yang baik
2. Cara pembuatan kaki palsu dan tangan palsu yang baik
3. Standard pembuatan kaki palsu dan tangan palsu di Ottobock
4. Komponen yang digunakan dalam pembuatan kaki palsu dan tangan palsu
5. Mekanisme kerja tangan palsu robotik mulai dari kekuatan otot, baterai dan sistem geraknya

Penjelasan yang sangat detail dan juga mudah dipahami tersampaikan dengan baik oleh tim dari Ottobock. Banyak sesi tanya jawab dilalui disini. Terlihat sekali antusiasme dari para peserta terhadap sharing session ini.

Visi Misi yang Sama
Ottobock dan para dokter memiliki visi dan misi yang hampir sama, yang membedakan hanyanyah implementasi lapangan dimana para dokter fokus pada peningkatan ilmu dan pasien sedangkan Ottobock fokus pada peningkatan material dan pengembangan pembuatan kaki palsu dan tangan palsu ke arah yang lebih baik. Dengan acara ini kami berharap bahwa kami dapat lebih bekerjasama sehingga bisa berguna untuk saudara-saudara kita yang saat ini masih belum mempunyai kaki palsu dan tangan palsu.