Sendi lutut C-Leg

Raih kembali tekad Anda.

Standar mobilitas selama lebih dari 15 tahun

Rasa percaya diri dalam langkah berikutnya

C-Leg telah menjadi penentu standar pemasangan protese pada penyandang amputasi transfemoral sejak lebih dari 15 tahun yang lalu. Lebih dari 40.000 pengguna di seluruh dunia mengandalkan teknologi C-Leg. Sistem protese tungkai yang dikendalikan mikroprosesor ini ideal untuk mereka yang membutuhkan stabilitas dan keandalan yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Sistem protese ini juga dapat memenuhi kebutuhan akan fungsi mobilitas dan kebebasan bergerak. Sendi lutut dikendalikan oleh sistem sensor yang kompleks, yang memungkinkannya beradaptasi dengan berbagai kecepatan berjalan. Stabil bahkan pada situasi yang tidak pasti, saat berjalan lambat ataupun cepat, saat berjalan menuruni landaian atau tangga langkah demi langkah – C-Leg membantu mobilitas seperti ini dalam keseharian.

Unit hidraulik

Silinder hidraulik dikendalikan dengan menggunakan mikroprosesor. Silinder ini dapat mempertahankan tingkat resistensi gerakan yang cepat saat melakukan gerakan fleksi atau ekstensi, baik pada fase berdiri ataupun mengayun.

Baterai ion litium

Baterai ini menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk mengontrol protese sendi lutut ini. Bergantung pada tingkat aktivitas, masa penggunaan maksimum baterai ini adalah 1 sampai 2 hari.

Kerangka serat karbon

Kerangka berbahan karbon ini melindungi elektronik, hidraulik, dan baterai.

Unit kendali elektronik

Mikroprosesor modusrn ini merupakan inti dari sistem C-Leg. Mikroprosesor ini menerima dan memroses sinyal sensor dan mengendalikan gerakan sendi lutut seketika itu juga.

Sensor sudut lutut

Sensor ini memasok mikroprosesor dengan data penting mengenai kecepatan dan sudut lutut dalam waktu nyata.

Adaptor tube dengan sensor momen

Mikroprosesor pada sendi lutut ini menerima informasi penting dari sensor momen yang terdapat dalam adaptor tube mengenai beban yang diterima protese. Hal ini membuatnya dengan andal berpindah-pindah antara fase mengayun dan fase berdiri.

Kendali jarak jauh nirkabel

Kendali jarak jauh ini digunakan untuk mengaktifkan berbagai modus. Berbagai modus ini memungkinkan berbagai aktivitas khusus seperti bersepeda, inline skating, ataupun ski lintas alam.



Sekilas pandang mengenai manfaat

Keamanan yang telah terbukti

Dengan diperkenalkannya C-Leg sekitar 15 tahun yang lalu, fungsi mobilitas memperoleh definisi yang baru. Kini C-Leg telah terbukti sebagai sistem sendi lutut terkendali mikroprosesor yang paling aman di dunia. Tidak ada sistem sendi lutut lain yang telah diuji dan diteliti dalam jumlah penelitian seperti C-Leg.

Pemulihan yang andal setelah tersandung

Anda dapat mengandalkan fungsi pemulihan terintegrasi pada C-Leg saat Anda tersandung. Penyesuaian terhadap fungsi peredaman sendi lutut pada situasi kritis, seperti saat pengguna tersandung, memungkinkan pengguna melakukan kompensasi yang lebih cepat dengan kaki yang sehat. Hal ini dapat lebih diandalkan untuk mencegah pengguna terjatuh.

Berjalan secara alami

Berkat adanya penyesuaian mekanis dan elektronis, C-Leg mengatur fase mengayun secara optimal. Dengan begitu cara berjalan Anda semakin mendekati pola berjalan alamiah dengan pergerakan sendi lutut yang lebih mudah dan lancar.

Daya dan kecepatan diukur 50 kali per detik, dengan perhitungan simultan untuk menentukan tanggapan yang tepat. Mikroprosesor ini pun dapat mengatur peredaman sendi dengan frekuensi yang sama. Fungsi ini dijalankan baik secara otomatis maupun sewaktu nyata.

Kebebasan bergerak yang baru

Saat berjalan menuruni tangga, lereng, ataupun permukaan yang tidak rata - C-Leg akan menyesuaikan secara otomatis. Tubuh Anda akan mudah melakukan gerakan fisiologis, dan energi yang Anda keluarkan saat berjalan pun berkurang. Bahkan tersandung, berjalan dalam kegelapan atau keramaian pun tidak akan menjadi masalah besar bagi Anda. C-Leg dilengkapi dengan resistensi tingkat tinggi pada fase berdiri sehingga membuatnya aman dan hanya akan berpindah ke fase mengayun bila diperlukan.

Desain individual

Protektor C-Leg memberikan perlindungan dalam banyak situasi yang dihadapi sehari-hari. Kini Anda juga dapat menyesuaikan desainnya menurut selera Anda hanya dengan beberapa klik. Ottobock telah mengembangkan sebuah perangkat gratis yang dapat Anda akses melalui www.ottobock.de/protector-design yang dapat membantu Anda menjadikan C-Leg pribadi Anda unik.

Berolahraga rekreasi tanpa masalah

Fungsi sendi dapat disesuaikan secara individual dengan kebutuhan Anda. Untuk tujuan ini tersedia 3 modus berbeda sehingga Anda pun dapat menjalani olahraga rekreasi seperti inline skating, bersepeda, dan ski lintas alam. Anda dapat dengan mudah mengganti modus protese ini dengan menggunakan kendali jarak jauh nirkabel.

Fungsionalitas

Teknologi

Dengan diperkenalkannya teknologi C-Leg pada tahun 1997, untuk pertama kalinya sistem protese dapat memiliki kendali cerdas penuh yang dapat disesuaikan dengan cara berjalan masing-masing individu. Protese ini dikendalikan oleh hidraulik berbasis mikroprosesor yang secara dinamis menyesuaikan sistem protese ini dengan semua kecepatan berjalan sewaktu nyata. Pada saat yang sama, menjaga agar fase berdiri tetap aman dapat pula dilakukan. Mekanisme regulator ini diwujudkan dengan menggunakan sistem sensor yang kompleks. Sensor akan mengambil sampel beban, sudut, serta kecepatan sudut dari sendi lutut setiap 0,02 detik. Sendi lutut ini selalu dapat mengenali fase siklus berjalan Anda. Anda dapat bergerak dengan lebih mudah tanpa harus memikirkan protese Anda sepanjang waktu. Dengan demikian, Anda dapat kembali melakukan hal-hal yang menjadi prioritas penting dalam hidup Anda.

Latihan menggunakan protese

Setelah dipasangi C-Leg, Anda ingin dapat bergerak sesegera mungkin, menikmati manfaat dari fungsionalitas protese baru Anda, serta memperoleh informasi terperinci mengenai produk ini. Oleh karena itulah Ottobock mengembangkan pelatihan berjalan. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membantu Anda merasa aman dan percaya diri menggunakan C-Leg dengan cepat. Topik pelatihan seperti "Hidup dengan amputasi" dan "Informasi teknis serta fungsionalitas C-Leg" diilustrasikan dalam video yang menarik dengan banyak contoh praktis. Pelatihan berjalan ini memberikan banyak saran dan anjuran untuk menjalankan latihan individual. Pelatihan terbagi mulai dari latihan cara duduk dan berdiri menggunakan C-Leg hingga latihan keseimbangan dan berjalan menuruni tangga dan landaian. Sebagai pengguna C-Leg, Anda juga dapat melanjutkan latihan ini di rumah setelah Anda mempraktikkannya untuk pertama kali bersama terapis atau teknisi ortopedi Anda.

Komponen prostetik ideal

Triton

Kaki prostetik dari seri produk Triton cocok untuk pengguna yang aktif. Produk ini terbuat dari satu rangkaian pegas fleksibel berbahan karbon. Dengan rancangan ini kaki dapat berfungsi sebagai suatu unit yang fleksibel yang telapaknya praktis dapat bergulir lancar. Selain memiliki kemampuan untuk bergerak, kaki Triton selalu memiliki tingkat kestabilan yang tinggi saat berjalan dan terutama saat berdiri. Lebih jauh lagi, struktur istimewa kaki ini memastikan terjadinya transisi yang mantap ke fase mengayun dengan panjang langkah yang sangat bervariasi. Pada saat yang sama, area kaki bagian depan yang bersegmen memberi pengguna kemampuan pengendalian yang dibutuhkan saat berjalan di permukaan yang tidak rata atau saat berubah arah dengan cepat. Triton terutama sangat cocok untuk pengguna dengan gaya hidup yang aktif. Berkat respons dinamis dan fleksibilitasnya, protese ini dapat digunakan untuk banyak macam aktivitas, mulai dari penggunaan sehari-hari hingga olahraga rekreasi.

Triton Vertical Shock

Triton Vertical Shock memiliki kemampuan lebih dalam meredam benturan. Produk ini beradaptasi sangat baik dengan medan yang tidak rata (misalnya di hutan). Dengan begitu, gaya yang membebani puntung anggota gerak pada saat berjalan akan berkurang, sehingga pengguna dapat merasa jauh lebih lega.

Triton Low Profile

Dengan Triton Low Profile, pengguna dengan keterbatasan ruang integrasi kaki prostetik pun bahkandapat memetik manfaat dari fungsionalitas istimewa Triton.

Triton Heavy Duty

Triton Heavy Duty luar biasa kuat dan tahan-banting. Produk ini dilengkapi dengan adaptor berbahan titanium. Kompenen dari logam anti-karat ini menjadikan kaki prostetik ini juga tahan air.

C-Leg compact

Ottobock mengembangkan C-Leg compact agar pengguna yang kurang banyak bergerak pun dapat menikmati manfaat teknologi C-Leg. Pengembangan C-Leg compact berfokus pada para pengguna ini yang sangat membutuhkan rasa aman. Berkat penerapan teknologi termutakhir, produk ini memberikan perlindungan yang paling efektif guna menghindarkan jatuh sehingga dapat membuat pengguna menjadi lebih percaya diri – bahkan dalam situasi sehari-hari yang tidak aman. Fungsi berdiri dan fungsi penguncinya, yang dapat Anda aktifkan dengan mudah menggunakan kendali jarak jauh, memastikan Anda dapat berdiri dengan stabil dan nyaman. Anda berdiri dengan aman di atas kedua kaki Anda. Pengguna C-Leg compact dapat berjalan dengan penuh rasa percaya diri, bahkan pada medan yang berat. Tangga dan landaian bukan lagi menjadi rintangan yang berat. Namun hal terbaiknya adalah: berjalan kembali mengalir seperti sediakala tanpa perlu dipusingkan. Anda tidak perlu lagi berkonsentrasi untuk mengambil langkah berikutnya, dan Anda dapat menjadi lebih berani untuk mencoba lebih banyak hal baru. Ini meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membuka lagi kesempatan baru dalam hidup Anda.

Unduh

FAQ - pertanyaan yang sering diajukan


Produk serupa