Sendi lutut 3R60

3R60 EBS merupakan sendi lutut multiaksial dengan kendali Hidraulik. Dibuat berdasarkan model alamiah, produk ini mampu melakukan gerakan fleksi lutut terkendali dalam keadaan menyangga beban saat berjalan.


Dua unit hidraulik miniatur mengendalikan resistensi fleksi pada sendi lutut

3R60 ini merupakan sendi lutut polisentris. Sistem hidraulik miniatur cerdas mengendalikan gerakan pendulum dari anggota gerak prostetik bagian bawah selama fase mengayun. Ini berarti, gerakan fleksi (menekuk) dan ekstensi (membentang) sendi lutut diredam oleh adanya resistensi gerakan yang dihasilkan oleh sistem hidraulik miniatur ini. Karakteristik peredaman sistem hidraulik ini disesuaikan persis dengan kebutuhan pengguna protese yang memiliki tingkat aktivitas sedang. Pada fase berdiri, ketika protese menyangga berat badan saat berjalan, unit yang disebut unit EBS dari 3R60 mengendalikan gerakan fleksi yang dimulai pada waktu tumit menjejak dan disusul gerakan ekstensi. Pola gerakan yang teredam secara harmonis pada fase berdiri ini didasarkan pada model alamiah. Keuntungan dari sistem ini meliputi pola berjalan yang lebih fisiologis serta adanya efek absorpsi benturan saat menjejak turun dengan protese, sehingga mengurangi gaya yang membebani puntung anggota gerak, pelvis, dan tulang belakang. Keamanan pada fase berdiri juga menjadi lebih baik dengan mencegah tiba-tiba terkuncinya sendi lutut secara tidak sengaja. Pembatasan gerakan fleksi pada fase berdiri juga memungkinkan pengguna untuk berjalan menuruni lereng dengan kemiringan sampai 10° langkah demi langkah. Berkat rancangan sendi multiaksial 3R60 EBS, kaki prostetik akan secara efektif memendek selama fase mengayun, sehingga mengurangi risiko pengguna protese tersandung.

Hidraulik miniatur

Sendi polisentris ini memiliki 5 sumbu yang diatur sehingga membentuk cincin. Rancangan canggih ini memungkinkan dua mode operasi yang berbeda:

Mode fase mengayun dan mode fleksi fase berdiri. Dua unit hidraulik miniatur yang dikonfigurasi khusus mengendalikan kedua mode ini.

Sumbu

Sendi lutut 3R60 ini memiliki total 5 sumbu. Bagi pengguna, rancangan ini akan meningkatkan perlindungan terhadap penekukan sendi yang tidak sengaja pada fase berdiri. Pada fase mengayun, sendi ini mengurangi panjang protese sampai lebih dari 25 mm tergantung dari sudut fleksinya. Hal ini akan membuat pengguna memiliki lebih banyak ruang bebas untuk fase mengayun. alhasil, risiko tersandung menjadi berkurang.

Konektor individual

Semua tingkat amputasi dapat menggunakan protese ini berkat konektor individual.

Sudut fleksi

Sudut fleksi yang luar biasa lebar, yakni 175°, memberi lebih banyak kebebasan bergerak.



Sekilas pandang mengenai manfaat

Dapat kembali berjalan dengan mudah

Gerakan fleksi fase berdiri yang terkendali sampai 15° akan melegakan ketegangan pada kedua anggota gerak. Berkurangnya gaya yang membebani puntung anggota gerak, panggul, dan tulang belakang memungkinkan terjadinya pola berjalan yang fisiologis.

Berjongkok

Berbobot ringan dan memiliki sudut fleksi yang sangat lebar, yakni 175°, memberikan kebebasan bergerak yang lebih besar – hal ini terutama bermanfaat bila Anda harus duduk di mobil, atau duduk di tempat yang sempit di kereta api atau pesawat terbang.

Berkurangnya risiko tersandung

Berkat desain sendi multiaksialnya, protese ini akan memendek saat diayunkan – sehingga akan secara efektif mengurangi risiko tersandung.

Berjalan di landaian

Merasa nyaman berjalan dengan keamanan yang tinggi, bahkan pada medan yang kasar dan pada kemiringan hingga 10°.

Risiko berkurang

Desain ini memberikan perlindungan lebih dalam situasi berisiko tinggi: pengguna selalu dapat menekuk sendi secara terkendali tanpa penundaan, sehingga risiko jatuh lebih kecil dibandingkan dengan sendi lutut terkunci.

Berbagai kecepatan berjalan

Kendali langsung fase mengayun dan gerakan pendulum yang praktis alami pada tungkai bawah menghasilkan pola jalan yang alami dan harmonis bahkan pada kecepatan berjalan yang berbeda-beda.

Sendi lutut 3R60 Pro

Sendi lutut 3R60 Pro didasarkan pada prinsip yang sama dengan 3R60 EBS – namun telah mengalami beberapa modifikasi.

3R60 Pro lebih kecil, lebih ringkas, dan lebih ringan dibandingkan dengan 3R60 EBS, dan cocok untuk pengguna dengan berat badan maksimum 75 kg.

Peredaman fase berdiri progresif akan lebih efektif mengendalikan gerakan fleksi dan ekstensi dalam keadaan terbebani. Terutama ketika berjalan dengan kecepatan tinggi, saat gaya yang bekerja lebih besar dibandingkan dengan pada kecepatan berjalan sedang atau lambat.

Kombinasi komponen ideal

Alam sebagai modelnya

Kaki prostetik Trias yang terbuat dari serat karbon telah terbukti sebagai kaki prostetik sehari-hari yang kokoh dan berkualitas tinggi untuk pengguna dengan tingkat aktivitas sedang. Bentuknya yang seperti segitiga melengkung menyerupai anatomi kaki manusia – sehingga kaki prostetik ini merupakan contoh unik bagaimana solusi alam dapat diwujudkan dalam teknologi ortopedi. Tumit dan kaki bagian depan mirip dengan struktur lengkungan kaki manusia. Pegas dasar menghubungkan kedua bagian ini satu sama lain untuk menjamin Trias dapat berfungsi sebagai satu unit.

Fungsionalitas

Benturan saat menjejakkan tumit akan diredam lembut, diikuti dengan perguliran fisiologis telapak kaki. Energi yang tersimpan dalam sistem saat menjejakkan tumit akan dilepaskan lagi saat jari kaki terangkat. Pola gerakan yang aman, terkendali, dan hemat energi ini membuat pengguna semakin memercayai protesenya. Kaki ini menyesuaikan diri dengan kecepatan berjalan yang berbeda-beda dan permukaan tidak rata tanpa mengorbankan rasa nyaman bagi pengguna dan sekaligus mengurangi beban pada anggota gerak yang sehat.

Selain versi normalnya (tinggi tumit 10 mm), kulit kaki Trias juga tersedia dalam versi ramping (tinggi tumit 20 mm). Ini memberi Anda kebebasan memilih sepatu yang lebih beragam.

Informasi teknis

Fitur Nilai
MOBIS 2-3
Berat maksimum pengguna 3R60 EBS - 125kg / 3R60 pro - 75kg
Bobot 3R60 - 845g / 3R60-pro – 770g
Sudut fleksi maksimum 175°

Unduh

FAQ - pertanyaan yang sering diajukan


Aksesori