Terminologi teknis anggota gerak bawah

Adaptor


Adaptor adalah komponen prostetik yang digunakan sebagai penghubung antar-berbagai komponen fungsional seperti lutut atau kaki.

Alat bantu mengenakan


Alat bantu mengenakan adalah kaus kaki mirip stoking yang memudahkan pemakaian protese. Alat ini ditarik menutupi puntung anggota gerak sehingga anggota gerak dapat dimasukkan ke soket prostetik.

Sendi lutut bionik


Sistem sendi lutut yang sepenuhnya dikendalikan mikroprosesor ini membuat protese dapat digunakan dengan mengandalkan intuisi semata. Berbagai macam sensor terintegrasi dan teknologi pengukuran yang kompleks tak henti menentukan pengaturan yang tepat dan benar sendi lutut. Sistem sendi lutut bionik menghasilkan pola jalan fisiologis yang pada akhirnya mengurangi beban pada seluruh sistem lokomotor.

Kuat


Kuat mengacu pada kemampuan untuk membungkuk saat ada beban dengan melawan resistensi yang meredam hingga mencapai sudut fleksi tertentu.

Kaki prostetik berbahan karbon


Karbon adalah bahan yang sangat ringan namun kuat. Bahan ini juga sangat fleksibel dan mempunyai efek pegas yang tahan banting. Kaki prostetik yang terbuat dari karbon sangatlah ringan. Pengguna memperoleh keuntungan berupa pengembalian energi yang tinggi saat berjalan.

Adaptor rotasi


Adaptor rotasi adalah komponen prostetik yang memperkenankan penyandang amputasi merotasi anggota gerak bawah ke atas dari postur alami. Hal ini sangat berguna dalam banyak situasi, contohnya saat mengenakan sepatu.

Selubung


Selubung—atau biasa disebut liner—adalah penutup seperti kaus kaki untuk puntung anggota gerak dan berfungsi sebagai “kulit kedua” antara jaringan lunak yang dapat digerakkan pada puntung anggota gerak dengan tempurung keras dari soket. Selubung ini melindungi dan memberikan bantalan kepada area yang sensitif tekanan pada puntung anggota gerak dan menghubungkan puntung anggota gerak dengan protese. Pemilihan liner yang tepat sangatlah penting agar protese terpasang dengan benar dan nyaman dipakai. Namun liner hanya dapat memberikan keamanan yang optimal jika digabungkan dengan sistem penutup yang tepat sehingga dapat mempertahankan posisi soket pada puntung anggota gerak.

Sistem sendi lutut berkendali mikroprosesor


Pada sistem sendi lutut prostetik ini, sebuah mikroprosesor dengan sensor kompleks akan mengenali pola gerak dan langsung menyesuaikan pola gerak protese pada saat itu juga. Sistem ini mengatur fase mengayun dan fase berdiri sehingga pengguna dapat mengandalkan sendi lutut prostetik.

Kaki prostetik


Kaki prostetik adalah kaki buatan yang menggantikan kaki fisiologis. Kaki ini selalu mempunyai tujuan spesifik dan fungsional, dan dipilih secara individual untuk penggunanya, dibuat sesuai dengan mobilitas pengguna. Kaki prostetik berbentuk seperti kaki alami.

Sendi lutut prostetik


Sendi lutut prostetik adalah lutut buatan yang bertujuan untuk menggantikan fungsi lutut fisiologis. Berbagai macam protese sendi lutut menunjang kebutuhan individual penyandang amputasi tergantung mobilitasnya. Kami menganjurkan sarana KneeSelect kami untuk membantu pemilihan sendi lutut yang tepat.

Soket


Soket prostetik menghubungkan puntung anggota gerak dengan protese dan mempunyai fungsi yang penting: soket memastikan adhesi yang optimal dan protese Anda terpasang dengan benar, dan ini sangat penting agar pengguna bersedia menerima dan merasa sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, soket diproduksi secara individual—tergantung bentuk puntung anggota gerak dan disesuaikan dengan mobilitas pengguna.

Fase mengayun


Fase mengayun mengacu pada waktu kaki mengayun bebas di udara saat berjalan.

Fase berdiri


Fase berdiri mengacu pada saat ketika pengguna berdiri lurus dan beban berada pada tungkai tanpa bergerak ke depan atau ke belakang.

Adaptor torsi


Adaptor torsi memungkinkan dilakukannya gerakan rotasi pada protese tanpa perlu menggerakkan kaki. Alat ini dipasang di atas kaki prostetik.

Sistem vakum


Sistem vakum adalah sistem tekanan negatif yang menciptakan vakum di antara puntung anggota gerak, liner, dan soket menggunakan “prinsip aktif” (pompa) atau “prinsip pasif” (gerakan piston pada puntung anggota gerak). Tujuannya menciptakan adhesi yang baik agar protese terhubung pada tubuh dengan aman.

Mudah lentur


Mudah lentur mengacu pada kemampuan untuk melakukan gerakan fleksi saat ada beban melawan resistensi yang meredam dengan sudut fleksi yang tidak terbatas.

Derajat mobilitas


Tingkat aktivitas Anda memainkan peran penting dalam pemasangan prostetik. Inilah sebabnya derajat mobilitas dikembangkan di bidang teknologi ortopedi:

Derajat mobilitas rendah


Pejalan dalam ruangan mempunyai derajat mobilitas rendah. Mereka dapat menempuh jarak pendek pada permukaan rata dengan kecepatan rendah.

Derajat mobilitas sedang


Pejalan di luar ruangan dengan keterbatasan mempunyai derajat mobilitas sedang. Mereka juga mampu berjalan pada permukaan yang tidak rata dan melewati rintangan yang rendah seperti belokan dan tangga.

Derajat mobilitas tinggi


Pejalan di luar ruangan tanpa keterbatasan mempunyai derajat mobilitas tinggi. Mereka dapat berjalan pada hampir semua permukaan dan dengan kecepatan yang berbeda-beda, juga dapat menempuh jarak yang lebih panjang. Mereka mampu melewati berbagai rintangan, mereka juga dapat bekerja dan ikut ambil bagian dalam kegiatan terapi dan aktivitas lainnya.

Derajat mobilitas sangat tinggi


Pejalan di luar ruangan tanpa keterbatasan yang menuntut kebutuhan sangat tinggi, mampu mengatasi tantangan yang lebih sulit pada saat berolahraga, di lingkungan kerja, dan ketika menjalani aktivitas waktu luang dengan protese mereka.