Pemasangan prostetik

Yang Anda perlukan setelah amputasi adalah pemasangan protese terbaik sesuai kebutuhan Anda. Berbagai macam faktor harus diperhatikan dalam mempertimbangkan protese seperti apa yang cocok untuk Anda.

Faktor yang mempengaruhi pemilihan protese yang sesuai untuk Anda meliputi kebugaran dan kesehatan tubuh Anda, tingkat amputasi, apa yang Anda harapkan dari protesenya, serta lingkungan kerja dan lingkungan rumah Anda. Teknisi ortopedi Anda akan mendampingi dan memberi Anda saran mengenai semua aspek ini serta bekerja bersama Anda memilih protese dan komponen yang sesuai.


Protese

Seperti juga teknologi kedokteran pada umumnya, protese terus dikembangkan dengan mengacu pada model alamiahnya. Protese modern berteknologi tinggi semakin lama semakin mirip dengan model alamiah. Kepekaan manusia menjadi tantangan tersendiri karena sangat sulit mensimulasi kepekaan tersebut. Namun demikian, protese Anda menjalankan berbagai fungsi yang tak dapat diabaikan: Protese ini mengembalikan sebagian besar fungsi mobilitas Anda dan membantu Anda melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa dibantu orang lain. Dengan mengenakan protese, Anda terhindar dari masalah postur dan gangguan keseimbangan yang dapat terjadi karena hilangnya berat dari kaki yang diamputasi. Dengan mengenakan protese, Anda juga menghindari pembebanan berlebih terhadap kaki Anda yang sehat sebab hal ini lama kelamaan dapat menimbulkan masalah.

Teknisi ortopedi Anda

Proses pemasangan protese akhir akan dimulai begitu puntung kaki Anda sembuh dan kondisi fisik Anda sudah pulih kembali. Namun teknisi ortopedi Anda akan berkonsultasi dengan Anda bahkan sebelum itu, dimulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kebutuhan dan harapan Anda. Ia juga akan memeriksa puntung anggota gerak Anda beberapa saat setelah amputasi untuk mengetahui apakah Anda dapat mengenakan protese sementara. Jika Anda menghendaki, atau jika teknisi ortopedi Anda merasa perlu, maka seorang dokter juga akan hadir saat pemasangan.

Setelah pemeriksaan awal ini, teknisi ortopedi Anda akan mengusulkan berbagai pilihan pemasangan dan membahasnya bersama Anda. Di sini dibahas tiga hal penting:

Pemilihan komponen

Soket protese

Penyejajaran prostetik

Ketiga hal ini harus dibahas tuntas demi mendapat hasil yang memenuhi kebutuhan Anda dan kebutuhan tim rehabilitasi yang merawat Anda. Hanya setelah melalui tahap itu maka prosesnya akan dimulai dengan mengepas soket bagi Anda, dan teknisi ortopedi yang menangani Anda akan memilih komponen protese berdasarkan sistem Mobis®. Protese dapat diselesaikan setelah itu, artinya protese akhir telah dibuat dan dilengkapi dengan sampul kosmetik.

Penyejajaran prostetik

Ketika soket sudah terpasang sempurna setelah melalui beberapa kali percobaan pemasangan, dan komponen protese telah dipilih, maka soket dan komponennya akan dirakit. Proses penyejajaran prostetik dapat berbeda antara satu pasien dan pasien lainnya, karena misalnya pengaruh postur tubuh dan tinggi badan.

Teknisi ortopedi Anda akan menyejajarkan protese tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan dan pedoman yang ada.

Uji coba pemasangan tambahan akan dilakukan begitu protese sudah siap. Dengan bantuan alat yang dikenal dengan nama Postur L.A.S.A.R., teknisi ortopedi akan memeriksa kesejajaran prostetik dan akan menyesuaikan protese tepat dengan kebutuhan Anda. Kemudian Anda dapat mencoba mengambil langkah pertama menggunakan protese baru Anda.