Rehabilitasi

Pertama-tama, luka pada puntung harus sembuh dengan baik. Begitu proses penyembuhan yang memakan waktu beberapa minggu telah selesai, tahap rehabilitasi pun dimulai. Tahap ini biasanya berlangsung hingga setengah tahun.

Dengan memperhatikan kemajuan pemulihan Anda, tim yang merawat Anda akan memutuskan kapan Anda dapat memulai rehabilitasi intensif. Pada fase rehabilitasi, Anda akan khusus dipersiapkan untuk mengenakan protese. Ini bertujuan memberi Anda fungsi mobilitas dan kemandirian maksimum agar Anda dapat senormal mungkin menjalani kehidupan Anda di masa mendatang. Meski demikian, rehabilitasi ini hanya akan berhasil jika Anda terlibat aktif. Motivasi Anda dan tingkat percaya diri juga memiliki peranan penting.


Merawat puntung anggota gerak

Pada tahap rehabilitasi, Anda sudah dapat merawat sendiri puntung anggota gerak, jaringan parutnya, serta tungkai Anda yang sehat.

Sementara staf perawat dan dokter membersihkan luka dan mengganti perban atau balutan di rumah sakit, Andalah yang akan merawat puntung anggota gerak Anda, begitu juga dengan jaringan parut dan kaki Anda yang sehat selama fase rehabilitasi. Perawatan intensif berkelanjutan sangatlah penting agar nantinya Anda akan dapat mengenakan protese tanpa keluhan.

Bagaimana cara saya merawat puntung saya dengan benar?

Terapis Anda akan menunjukkan cara yang benar dalam merawat puntung anggota gerak Anda. Untuk mencegah kulit menjadi kasar dan bersisik, cucilah anggota gerak sisa tersebut dengan air dan sabun lembut di pagi dan sore hari (misalnya Derma Clean). Kemudian keringkan kulit secara menyeluruh atau sekalah dengan perlahan dan hati-hati, kemudian oleskan krim. Derma Repair dan Derma Prevent merupakan dua produk dari seri perawatan Ottobock yang diformulasi khusus untuk merawat kulit yang harus bekerja keras dengan beban berat, yaitu kulit pada puntung anggota gerak. Krim Derma Prevent dapat membantu mencegah gesekan dengan cara menutup kulit dengan lapisan pelindung, dan menjaga agar kulit tetap lembut dan elastis.

Jika terbentuk lipatan kulit atau jaringan parut kontraktur pada puntung anggota gerak, maka ini perlu perhatian khusus demi mencegah infeksi. Tim rehabilitasi Anda dapat memberikan saran tentang hal ini. Selama perawatan puntung anggota gerak, carilah juga luka pada kulit, titik-titik tekanan, dan lecet. Kondisi demikian memerlukan perawatan medis. Anda dapat memeriksa bagian belakang puntung anggota gerak Anda dengan bantuan cermin. Pemijatan teratur dan peregangan lembut jaringan parut merupakan elemen penting berikutnya dalam perawatan puntung anggota gerak.

Perhatikan bahwa mengenakan protese di pagi hari – sesaat setelah mandi – sering lebih sulit dari biasanya, karena air hangat menyebabkan kulit pada anggota gerak tersisa sedikit membengkak.

Merawat tungkai yang sehat

Selama puntung anggota gerak tidak dapat menyangga banyak berat badan setelah amputasi, kaki yang sehat akan mendapat beban yang lebih besar.

Periksalah secara teratur kaki Anda yang sehat, untuk mencari luka ringan sekalipun. Karena kondisi ini juga bisa menjadi berbahaya – terutama jika terjadi infeksi – cedera apapun harus segera ditangani oleh dokter. Bagaimanapun juga, menjaga fungsi kaki Anda yang sehat sangatlah penting. Anda juga harus memotong dengan hati-hati kuku kaki Anda secara teratur. Banyak penyandang amputasi meminta bantuan ahli pedikur terlatih untuk melakukan ini.

Sepatu nyaman yang pas juga merupakan bagian dari perawatan kaki yang sehat. Pemakaian sol bagian dalam sepatu (insole) juga dapat dianjurkan. Pilihan kaus kaki juga sangat penting sebagai tambahan alas kaki: Kaus kaki harus terbuat dari wol atau katun sehingga dapat menyerap keringat dengan baik, dan karetnya tidak boleh terlalu ketat agar tidak mengganggu peredaran darah. Kaus kaki dan stoking harus pas tanpa lipatan dan sebaiknya hanya dapat dipakai untuk satu hari saja. Jika tidak, keringat dapat menyebabkan terjadinya pembentukan endapan garam yang dapat menyebabkan radang kulit dan infeksi.

Penting juga: jangan pindah ke kursi roda ketika tidak mengenakan alas kaki. Jangan pula berdiri atau berjalan tanpa alas kaki – hal ini terlalu berisiko menyebabkan cedera. Saat berbaring di tempat tidur, Anda dapat menempatkan penyangga empuk di bawah tumit dan pergelangan kaki yang sehat untuk menghindari titik-titik tekanan.

Berjalan menggunakan protese

Berkat teknologi modern, kini berbagai macam protese dapat dibuat untuk memenuhi begitu banyak ragam kebutuhan. Karena itu, komponen protese yang dipilih untuk Anda memainkan peran utama. Program gerak dan latihan Anda akan disesuaikan dengan komponen ini. Program ini dirancang untuk membangun kepercayaan diri Anda dalam menggunakan protese dan untuk mempelajari kembali pola gerakan sehari-hari.

Berjalan di atas permukaan yang rata.

Latihan cara berjalan yang sebenarnya dapat dimulai begitu Anda secara umum sudah percaya diri dalam menangani protese. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, menerapkan beban yang cukup untuk disangga sisi yang menggunakan protese, serta meluruskan panggul dan tubuh bagian atas.

Anda juga harus terus memperkuat otot-otot Anda karena otot yang kuat merupakan kunci utama untuk memperoleh postur tubuh yang stabil saat berjalan.

Pertama, Anda akan belajar bagaimana cara memindahkan berat badan Anda dan berdiri di atas satu kaki di antara palang sejajar. Jangan bebankan keseluruhan berat badan Anda pada lengan dan kaki yang sehat; gunakanlah juga protese Anda. Begitu Anda dapat berjalan di antara palang sejajar, latihan berikutnya adalah latihan gaya berjalan tanpa alat bantu. Tujuan pertama program ini adalah untuk secara bertahap mengurangi penggunaan alat bantu jalan yang pada awalnya mungkin Anda perlukan. Hal ini dapat dicapai melalui kombinasi teknik berjalan yang benar, selain juga dengan memperkuat otot-otot tubuh.

Menghindari penyimpangan gaya jalan merupakan bagian dari semua latihan gaya jalan. Pada awalnya terapis Anda akan selalu berada mendampingi Anda dan siap membantu. Seiring waktu Anda tidak akan lagi membutuhkan pendampingan tersebut.

Berjalan dengan aman di tanjakan dan tangga

Anda akan selalu menghadapi rintangan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tepi jalan, tangga di rumah, tanjakan menuju ke garasi dan banyak lagi. Di sini komponen protese Anda memainkan peranan yang penting, karena sendi lutut prostetik yang berbeda memerlukan teknik berjalan yang berbeda pula. Misalnya, memosisikan kaki dengan benar atau menggunakan pegangan tangan, ini semua memainkan peran penting.

Protese sementara

Apa yang dikenal sebagai protese sementara adalah protese transisi yang dibuat untuk Anda oleh teknisi ortopedi Anda. Anda akan mengenakannya sampai Anda dapat dipasangi protese akhir.

Protese sementara membantu Anda latihan berdiri dan berjalan sejak awal. Teknisi ortopedi Anda juga akan belajar tentang pola gerakan individual Anda, sehingga ia dapat memperoleh informasi penting untuk memilih komponen protese yang cocok bagi Anda. Kemudian, ia akan menyesuaikan soket protese dan pada akhirnya menyesuaikan protese tepat dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan protese

Dengan dukungan terapis Anda, Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan protese Anda dengan benar. Terapis tersebut juga akan mengajarkan cara memasang dan melepas protese, cara berdiri dan duduk, serta memberikan latihan keseimbangan dan gaya berjalan. Kemampuan fungsional dari komponen protese, seperti kaki prostetik dan sendi lutut prostetik, bisa sangat berbeda. Karena itu, sangat penting untuk memilih komponen protese dengan cermat. Komponen-komponen ini dan pelatihan khusus dalam penggunaannya merupakan hal yang sangat penting demi mencapai tujuan terapi individual Anda.

Cara memasang dan melepaskan yang tepat

Mengenakan dan melepaskan protese secara mandiri merupakan hal penting dalam penggunaan sehari-hari. Meski keluarga Anda mungkin akan harus membantu Anda di saat-saat awal, namun tujuan yang hendak dicapai adalah agar Anda mampu melakukannya sendiri.

Ada berbagai cara untuk memakai protese Anda, tergantung pada jenis protese dan karakteristik puntung anggota gerak Anda. Terapis Anda akan menunjukkan mana yang terbaik untuk Anda.

Anda telah belajar bagaimana cara merawat puntung anggota gerak Anda, tetapi protese Anda juga harus dibersihkan dan dirawat setiap hari. Untuk membersihkan keringat dan mengangkat partikel kulit, seka bagian dalam soket protese dengan kain lembab.

Kontak bersih antara permukaan protese dan kulit akan membantu mencegah iritasi kulit. Jika Anda memakai liner, rawatlah juga liner itu setiap hari sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Duduk dan berdiri

Setelah Anda tahu cara memakai dan melepas protese, duduk dan berdiri adalah kegiatan sehari-hari berikutnya yang akan Anda pelajari. Latihan yang diperlukan bergantung pada komponen yang digunakan dalam protese Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin dapat membebankan berat badan Anda pada kedua tungkai saat duduk dengan menggunakan protese transfemoral yang mencakup sendi lutut C-Leg®. Hal ini akan sangat melegakan sisi yang sehat, sehingga dapat membantu mencegah masalah dini yang dapat timbul akibat beban berlebihan.

Anda juga harus membagi beban dalam jumlah yang sama antara kedua kaki ketika duduk dan berdiri dengan protese transtibial karena alasan yang sama.

Terapi kompresi

Terapi kompresi

Pasca operasi terdapat kemungkinan akan terjadi pembengkakan awal pada jaringan puntung anggota gerak. Pembengkakan ini merupakan reaksi normal dari operasi. Hal ini dapat dicegah dengan memberikan tekanan pada keseluruhan permukaannya.

Selengkapnya